A. Definisi Komunikasi
Komunikasi
adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau
tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal,
tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
B.
Menjelaskan Proses Komunikasi
Proses
komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya,
sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan
komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi
yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi
termasuk juga suatu proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain
dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan
dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
C. Menjelaskan Hambatan
Komunikasi
Hambatan internal, adalah hambatan yang berasal dari
dalam diri
individu yang terkait kondisi fisik dan psikologis. Contohnya, jika
seorang mengalami gangguan pendengaran maka ia akan mengalami hambatan komunikasi. Demikian pula seseorang yang sedang tertekan (depresi) tidak akan dapat melakukan komunikasi dengan baik.
individu yang terkait kondisi fisik dan psikologis. Contohnya, jika
seorang mengalami gangguan pendengaran maka ia akan mengalami hambatan komunikasi. Demikian pula seseorang yang sedang tertekan (depresi) tidak akan dapat melakukan komunikasi dengan baik.
Hambatan eksternal, adalah hambatan yang berasal dari
luar individu yang terkait dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosial
budaya.
Contohnya, suara gaduh dari lingkungan sekitar dapat menyebabkan
komunikasi tidak berjalan lancar. Contoh lainnya, perbedaan latar
belakang sosial budaya dapat menyebabkan salah pengertian.
Contohnya, suara gaduh dari lingkungan sekitar dapat menyebabkan
komunikasi tidak berjalan lancar. Contoh lainnya, perbedaan latar
belakang sosial budaya dapat menyebabkan salah pengertian.
D. Jelaskan Pengertian
komunikasi Interpersonal dalam Organisasi yang mencakup componential
dan situasinal.
Komunikasi interpersonal diistilahkan sebagai
komunikasi yang tetrjadi antara beberapa individu (bukan banyak individu) yang
saling kenal satu sama lainnya dalam periode waktu tertentu. Degnan kata lain,
seseorang akan memandang individu lain sebagai seorang yang unik, tergantung
dari kualitas hubungan interpersonal dengan orang tersebut. Dengan demikian,
ada fakta yang harus kita perhatikan, bahwa dalam berkomunikasi perhatian kita
justru lebih tertuju kepada figur orang yang berkomunikasi dengan kita. Dari
perbedaan latar belakang pendidikan, latar belakang budaya, perbedaan
kemampuan, perbedaan karakter dari tiap orang dan faktor-faktor lainnya akan
mempengaruhi tingkat keefektifan komunikasi. Sedangkan berdasarkan komponen
menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati komponen-komponen
utamanya dalam hal ini, peyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan
oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan
dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera.
E. Model Pengolahan Informasi
dalam Komunikasi yang Mencakup Rational,
Limited Capacity, Expert, Cybernetic.
Proses
informasi adalah proses menerima, menyimpan dan mengungkap kembali informasi.
Dalam proses pembelajaran, proses menerima informasi terjadi pada saat siswa
menerima pelajaran. Proses menyimpan informasi terjadi pada saat siswa harus
menghafal, memahami, dan mencerna pelajaran. Sedangkan proses mengungkap
kembali informasi terjadi pada saat siswa menempuh ujian atau pada saat siswa
harus menerapkan pengetahuan yang telah dimilikinya untuk memecahkan masalah
yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu perlu dikemukakan bahwa
informasi masuk ke dalam kesadaran manusia melalui pancaindera, yaitu indera
pendengaran, penglihaan, penciuman, perabaan, dan pengecapan. Informasi masuk
ke kesadaran manusia paling banyak melalui indera pendengaran dan penglihatan. Informasi
masuk ke kesadaran manusia paling banyak melalui indera pendengaran dan
penglihatan. Berdasarkan alas an tersebut , maka media yang banyak digunakan
adalah media audio, media visual, dan media audiovisual (gabungan media audio
dan visual). Belakangan berkembang konsep multimedia, yaitu penggunaan secara
serentak lebih daripada satu media dalam proses komunikasi, informasi dan
pembelajaran. Konsep multimedia diasarkan atas pertimbangan bahwa penggunaan
lebih dari pada satu media yang menyentuh banyak indera akan membuat proses
komunikasi termasuk proses pembelajaran lebih efektif.
F.
Model Interaktif Manajemen yang Mencakup Confidence,
Immediacy, Interaction Manajement, Expressiveness, dan Other Orrientation
1. Confidence
Dalam manajemen timbulnya suatu interaksi karena
adanya rasa nyaman. Kenyamanan tersebut dapat membuat suatu organisasi bertahan
lama dan menimbulkan suatu kepercayaan dan pengertian.
2. Immediacy
Ini adalah
model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak
membosankan.
3. Interaction
management
Adanya
berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan
kepada berbagai pihak yang bersangkutan.
4. Expressiveness
Mengembangkan
suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5. Other orientation
Adanya komunikasi antara komunikasi
dengan satu pihak ke pihak lain, sebagai tukar menukar informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar